Kamis, 28 Juli 2011

FENOMENA AIR TERJUN SEDUDO

Air Terjun Sedudo adalah sebuah air terjun dan obyek wisata yang terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km arah selatan ibukota kabupaten Nganjuk. Berada pada ketinggian 1.438 meter dpl, ketinggian air terjun ini sekitar 105 meter. Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup baik, dan jalur transportasi yang mudah diakses.
Dari pelataran parkir pengunjung sudah dapat menikmati pesona air terjun sedudo, dengan berjalan menuruni tangga sekitar 5 menit pengunjung akan sampai di pelataran air terjun Sedudo. Bagi pengunjung yang tidak tahan hawa dingin tetapi ingin berendam sebaiknya datang ketempat ini pada saat tengah hari. Hawa gunung yang dingin sangat terasa pada saat pagi hari dan sore hari.
Kawasan Air Terjun Sedudo dahulunya adalah tempat Ki Ageng ngaliman bertapa. Adapun beliau dahulunya adalah tokoh penyebar agama Islam di Nganjuk. Sebagai penghormatan kepada Ki Ageng Ngaliman atas jasa-jasanya, masyarakat menyelenggarakan upacara ritual Pengambilan Air Sedudo pada setiap 1 Suro.
Air Terjun Sedudo sudah terkenal sejak zaman Majapahit. Air Sedudo diyakini sebagai Tirta Suci yang mengalir dari Kahyangan sehingga pada zaman Majapahit, Raja, Bangsawan dan Pendeta sering mempergunakan Air Sedudo untuk mencuci senjata pusaka milik Raja dan Patih dalam Prana Prastita.
Air Terjun Sedudo
Miliki Aura Mistik yang Tinggi
Dibanding Bromo dan Semeru, Gunung Wilis di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, tak begitu tenar. Namun, lereng Gunung Wilis memiliki permata yang bisa dinikmati banyak orang, yakni Air Terjun Sedudo.
Panorama yang elok dan alami langsung tergelar tatkala pandangan terarah ke kawasan Gunung Wilis (2.552 meter). Boleh jadi karena sifat alaminya itu, gunung tersebut lebih banyak dikunjungi pencinta alam ketimbang turis atau pelancong biasa.
Bagi mereka yang berkunjung ke Air Terjun Sedudo, rasanya kurang asyik jika tak mencelupkan kaki di kolamnya. Selain menikmati keindahan air terjun yang memuncratkan butiran-butiran air di sekeliling lokasi air terjun, banyak pengunjung yang membasuh wajah dengan air.
Ada pula pengunjung yang langsung menenggak air terjun karena air itu ternyata bisa diminum. Warga setempat percaya, air Sedudo bisa membuat sehat dan awet muda. "Mandi di Sedudo Membuat Badan Sehat dan Awet Muda", begitu tulisan di papan kayu bercat biru yang dipakukan pada sebatang pohon.
Aura mistik
Tak hanya itu. Air Terjun Sedudo juga diyakini memiliki aura mistik yang tinggi. Setiap malam Tahun Baru Hijriah 1 Muharam atau malam 1 Sura, ribuan penduduk selalu memadati Sedudo untuk berendam atau mandi di sana.
Bahkan, berdasarkan cerita turun-temurun, di masa lampau Air Terjun Sedudo dimanfaatkan oleh raja-raja pada masa Kerajaan Majapahit (abad ke-13) dan para ulama pada masa kesultanan Islam. Pada masa Majapahit, air Sedudo dimanfaatkan untuk mencuci senjata pusaka raja dan patihnya. Lalu, pada masa Islam, kawasan ini dijadikan tempat pertapaan oleh Ki Ageng Ngaliman, tokoh penyebar agama Islam di Nganjuk.
Tak heran, pada setiap malam 1 Sura masyarakat setempat berziarah dan menyirami makam Ki Ageng Ngaliman dengan air Sedudo. Warga Nganjuk berharap, mereka akan mendapatkan berkahnya.
Air terjun berada pada ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut. Sedudo terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, sekitar 33 kilometer dari kota Nganjuk ke arah selatan. Air terjun yang tampil amat alami ini menjadi obyek wisata andalan Nganjuk. Kalau perjalanan dari kota Nganjuk ke Kecamatan Sawahan gampang-gampang saja, tidak demikian halnya menjangkau Sedudo. Maklum saja, Kecamatan Sawahan terletak di kaki hingga lereng Gunung Wilis.
Berkelok-kelok
Selepas Berbek dan masuk Sawahan, jalan aspal berkelok-kelok dan menanjak. Kondisi itu agak berbahaya karena di kiri jalan ada jurang yang curam. Namun, perasaan khawatir saat mendaki jalan berkelok tersebut nyaris terobati ketika mata menyapu panorama indah.
Panorama kota dan lahan pertanian hijau di bawah lereng sungguh menggelitik batin untuk berhenti sejenak. Apalagi begitu memasuki Kecamatan Sawahan sudah terlihat beberapa air terjun yang jaraknya berdekatan. Salah satunya dan yang tersohor adalah Air Terjun Sedudo.
Kalau udara cukup cerah, tampak jelas garis horizon yang menyatukan warna hijau bumi dan biru langit. Sayang, berfoto di tengah jalan itu tak mungkin dilakukan karena lebar jalan yang hanya muat dua mobil dari dua arah.
Beberapa kilometer sebelum masuk pintu gerbang menuju Sedudo, pandangan makin dimanjakan oleh keindahan alam. Hamparan bunga mawar tampak menghiasi pekarangan rumah penduduk hingga di kiri-kanan jalan. Semuanya tampak indah.
Tepat di depan pintu gerbang, pengunjung harus membayar retribusi Rp 2.000. Kendaraan roda dua dipungut Rp 1.000, sedangkan kendaraan roda empat Rp 2.000.
Setelah melewati loket, pengunjung menemui jalan dua arah, ke atas menuju Sedudo, sedangkan ke bawah menuju Agrowisata Ganter. Untuk sampai ke Sedudo, dari gerbang itu perjalanan menanjak masih berlanjut sekitar dua kilometer. Setelah melewati satu pos penjagaan, barulah terdengar gemuruh Air Terjun Sedudo yang sudah di depan mata.
Air terjun setinggi 150 meter ini sebenarnya mengalir pada satu pangkal di atasnya, seolah hanya membentuk satu garis lurus. Namun, jalur alirannya sama sekali tak mulus karena mengalir melewati batu-batuan di tebing. Itulah yang justru membuat Sedudo tampak molek dan alami. Dia merupakan paduan hijaunya berbagai flora, hitamnya bebatuan di lereng, dan putihnya air terjun.





Nama : Mochamad Tofa
NPM : 07.01.1.07.0039

2 komentar:

  1. perhatikan:isinya harus dijadikan beberapa paragraf Ya???????????

    BalasHapus


  2. Cctv, alarm, pabx, listrik panel, AC, nursecall. hub no 082231562589
    .
    .
    .

    kami melayani jasa jasa pasang dan perbaikan..
    1. CCTV bisa dipantau dg hp.
    2. AC pendingin ruangan.
    3. bel panggil perawat atau pegawai.
    4. ALARM kebakaran dan pencurian di gedung.
    5. PABX telephone lokal.
    6. Panel listrik dan instalasi.
    7. design alat sesuai kebutuhan.
    8. bel jam otomatis.
    9. alat elektronik mesincuci dll
    10. Speaker gedung.
    11. Nurse call.
    12. Data Internet jaringan komputer.

    untuk info lebih lanjut mohon hub...

    0822 315 625 89



    Www.jasaturen.blogspot.com

    .
    .
    .
    Pasang pabx di kediri, service pabx di kediri, jasa pabx di kediri, setting pabx di kediri, telepon mati, dering telepon, telepon tidak berdering, service telepon di kediri, malang, di blitar, di tulungagung, madiun, nganjuk, kediri,blitar,trenggalek, jombang, bojonegoro, tukang ac di, jasa ac, service ac, cctv, mesin, mesin elektronik, kepanjen, pasang cctv, perbaikan cctv, pasang ac, cctv, pemasangan, nurse call
    jasaturen.blogspot.co.id
    .
    jasaturen.blogspot.com
    .
    .
    jasaturen.blogspot.com
    .
    .
    jasaturen.blogspot.com
    .
    .
    jasaturen.blogspot.com.
    .

    www.jasacctvturen.blogspot.co.id.
    .
    www.kelistrikann.blogspot.co.id
    .

    . www.jasapabxtelephone.blogspot.co.id
    .
    www.acturen.blogspot.co.id
    .

    https://nursecallsystemanalog.blogspot.com

    BalasHapus